RKUHP-TEST

Apakah lagu 'High School in Jakarta' sudah bermuatan komunis menurut versi RKUHP teranyar?

Tiga tahun ke depan menjadi fase sosialisasi naskah RKUHP. OK, mari kita nge-test-drive apakah pencipta seni bisa dihadiahkan dengan penjara menurut naskah RKUHP.

Screenshot YouTube

Screenshot YouTube

Article Image Title
Editor: Marten S.
08.12.2022

Seandainya naskah RKUHP merupakan wahana, maka tipe mobil yang paling bersesuai dengan kehendak para pencipta undang-undang tersebut adalah merek Donkervoort. – Mobil pabrikan Belanda ini berbentuk retro, namun cocok untuk memamerkan kemewahannya. Mobil tersebut adalah teladan yang pas untuk test-drive kami kembali ke masa kolonial.

Para ratu-ratu tentunya duduk di depan. Rakyat, alamak, di ruang bagasi. Seperti terlihat pada foto di bawah, ruang bagasi mobil Donkervoort rada picik. Rupanya berjarak dengan yang duduk di belakang, sebuah folio plastik memisahkan dengan rapi baris depan dari bagian non-eksekutif. Pada folio itu terdapat terletak sebuah QR-code yang ketika dipindai mengarah pemilik ponsel ke http://peraturan.go.id/.

Donkervoort Car

Mobil Donkervoort D8 GTO-JD70, Foto: Wiki Commons

Mobil Donkervoort alegoris ini direkayasa dengan dua cermin samping berukuran jauh lebih kecil daripada mobil-mobil awam, agar masyarakat rentan yang berbeda pandang dengan kuasa tidak terdapat gemerlap di mata pemuka.

Dashboard mobil dibuat dari kayu brown walnut dan dihiasi bendera kecil kiri dan kanan. Banyak pengemudi mobil awam lazim menghiasi mobil dengan menggantungkan pohon beraroma artifisial seperti summer linen atau vanili di kaca spion. Mobil Donkervoort ini dihiasi dengan burung Garuda Pancasila yang goyang ke kiri dan kanan. Dilengkapi dengan sound-system yang kalahkan peralatan audio dari semua mobil sekelas, semua sinaran, ciptaan lagu dan rekaman wacana bisa disimak dan dinikmati oleh penumpang mobil. Begitupun dengan lagu 'High School in Jakarta' oleh NIKI. Apakah lagu satu ini, sebagai contoh, sudah selaras dengan khas ciptaan kreatif yang disukai oleh pemilik mobil Donkervoort?

Barangkali kamu belum hafal dengan keunikan liriknya lagu 'High School in Jakarta', izinkan kami simpulkan: 'High School in Jakarta' dan segenap album berjudul 'Nicole' memadukan perasaan bahagia dan derita yang dialami oleh seorang siswa SMA dengan keluwesan stanza-stanza nan unik dan jarang ditemui dalam musik pop.

Dalam bagian terakhir dari lagu 'High School in Jakarta' Niki menyanyikan betapa sulitnya mempertahankan hubungan dengan sang kekasih dan membandingkan diri sendiri dengan perempuan yang diasosiasikan sebagai perebut pacar: 

High school in Jakarta, American summer

Had no chance against the Marxist girl with marijuana

I was your pinata, she was a star-charter

Glad she gave it to you real hard, but I loved you harder

Ini dia, kata-kata bermuatan KOMUNIS. – Jika kita mengacu pada naskah teranyar RKUHP, terdapat termaktub bahwa komunisme dan ideologi bersangkutan tidak boleh dipromosikan.

Apakah syair pendek tersebut sudah bisa ditafsirkan sebagai promosi dari panutan yang tidak sesuai tata hukum? Apakah syair pendek tersebut mempromosikan Marxisme sebagai ideologi yang laku untuk merebut cowok orang? Menurut Pasal 188 pada RKUHP ayat 1, setiap orang yang menyebarkan atau mengembangkan ajaran komunisme / marxisme-leninisme anti pemerintah di muka umum dengan lisan atau tulisan termasuk menyebarkan atau mengembangkan melalui media apapun akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.

Apakah Niki bisa menjadi seniman rentan dipenjara? Test-drive kami bermuara dengan kesimpulan singkat: Niki dan para fansnya tentu tidak perlu khawatir. Niki tinggal di luar negeri anyway kok. Tapi bagaimana dengan seniman yang tak berkarya di liga dunia, tapi di kancah lokal? 

Silakan diuji-coba dengan karya masing-masing!