ASEAN MATTERS

Q&A seputar Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan kunjungan Kamala Harris

Indonesia sedang menjadi pusat penenangan kekacauan di Myanmar. Lewat briefing kecil-kecilan ini, ACI memandu kamu untuk memahami berbagai latar politis

ASEAN

ASEAN

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
06.09.2023

Question: Feed IG saya ramai berita seputar KTT ASEAN. Itu singkatan dari apaan sih?

Answer: Entah kenapa, budaya kita menggemari menyingkatkan semua kata sehingga tersembunyi di balik huruf-huruf kapital yang baru make sense kalau kamu sudah kenal dulu dengan sebutan lengkapnya. KTT ASEAN bahkan terdiri dari dua singkatan berbeda. Pertama, KTT: Konferensi Tingkat Tinggi. Kedua, ASEAN: Association of South East Asian Nations. KTT ASEAN 2023 sedang berlangsung dari 5 September hingga 7 September 2023. 

Q: ASEAN itu apa ya? 

A: Sebuah perjanjian kerja sama antara bangsa-bangsa Asia Tenggara. Dengan kata lain, ASEAN adalah perhimpunan lintas kawasan Asia Tenggara yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kestabilan geopolitik. Organisasi ini sudah berdiri sejak zaman 1960-an. 

ASEAN meliputi 10 sekutu, yakni Thailand, Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Papua Nugini merupakan pengamat. Timor-Leste baru bergabung pada tahun 2022, dan berstatus pengamat. Timor-Leste menekankan tanggung jawab ASEAN untuk menyelesaikan situasi pelik di Myanmar (Penjelasan di bawah).

Indonesia adalah anggota ASEAN terbesar, baik dari cakupan wilayah maupun jumlah penduduk (yang sudah mencapai nyaris 280 juta jiwa pada pertengahan 2023).

Menarik bagi pecinta transportasi umum, markas atau sekretariat ASEAN berlokasi di Jakarta, di samping stasiun MRT ASEAN. Sosok perwakilan Indonesia tatkala ASEAN perdana didirikan juga diabadikan dalam sistem jaring transportasi massal di Jakarta. Barangkali kamu adalah pengguna TransJakarta koridor 13, kamu mungkin sudah mengenal halte Busway Adam Malik di Ciledug. 

Q: Siapa yang memimpin ASEAN? 

A: Negara-negara anggota bergantian memegang tongkat estafet. Tahun ini Indonesia yang bergiliran mengetuai persekutuan ASEAN. Selanjutnya, pada 2024 Laos akan mengambil alih dan akan menjadi ketua ASEAN.

Q: Sebagai warga biasa, apa yang bisa saya dapat dari ASEAN?

A: Secara garis besar, perdamaian yang bersinambung. ASEAN menitikberatkan keseimbangan geopolitik kawasan Asia Tenggara di antara pengaruhan blok Barat dan Cina. Kehendak Cina untuk mendominasi kawasan Pasifik mengganggu kedaulatan negara-negara bertetanggaan di Laut Cina Selatan

Barbie Maps

Baca juga: Di balik putusan Vietnam untuk memboikot film Barbie ada konflik geopolitik

Secara lebih praktis, persahabatan negara-negara ASEAN juga memudahkan perjalanan antarnegara. Pemegang paspor Indonesia dapat masuk bebas tanpa visa ke semua negara anggota ASEAN. 

Q: Negara ASEAN mana yang paling kacau? 

A: Myanmar. 

Q: Ada apa emang di Myanmar?

A: Krisis kemanusiaan dan politik. Mungkin kamu secara rutin dengar soal konflik kaum Palestina dengan Israel. Dalam kawasan Asia Tenggara ada pun krisis yang tak kunjung diselesaikan, dan mengancam masyarakat Myanmar. Pada 2021 pemerintah Myanmar dikudeta, kekuasaan dirampas junta beranggota sosok-sosok militer. Junta militer melanggar hak asasi manusia masyarakat Myanmar. Aparat sadis itu tak ragu membunuh anak-anak bangsa sendiri. 

Myanmar beranggota di ASEAN sejak 1997. Berbagai upaya ASEAN untuk menyelesaikan krisis di Myanmar sampai sekarang belum membuahkan hasil memuaskan. 

2
'Resistance' - sebuah karya fotografi yang dipamerkan dalam rangka '2 Years into the Myanmar Coup' di Bangkok Art and Culture Center pada Maret 2023. Karya fotografi yang ditampilkan merupakan koleksi Doh Hlay, sebuah NGO yang memperkenalkan perspektif-perspektif orang Myanmar. | The piece shows the photos of people who came together and participated in the Spring Revolution.
Thousands of people have been killed in acts of violence, including the abduction of family members without anyone being arrested. Residents who could not stand the injustice fought back and retaliated against the military council. Despite the loss and suffering, people have refused to back-down on their requests for the establishment of a federal democracy, to overthrow the military dictatorship. | Foto: ART CALLS INDONESIA 

Q: Apa yang dilakukan oleh ASEAN terhadap Myanmar? 

A: Di atas kertas, ASEAN telah mengimplementasi lima butir konsensus untuk mengurus krisis Myanmar. Guna konsensus itu mendengungkan kehendak ASEAN untuk mencari jalan keluar dari krisis kemanusiaan dan politik di Myanmar. Namun, junta militer Myanmar tidak melaksanakan lima poin konsensus tersebut. Kehendak masing-masing anggota ASEAN pun kurang ter-orkestrasi dan menggegerkan marwah ASEAN. 

Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina mendorong ASEAN untuk bersikap lebih tegas terhadap junta militer Myanmar. Keengganan Thailand dan Kamboja memperlemah kapasitas ASEAN untuk bersuara lebih lantang. Alhasil, ASEAN hanya mampu mencuat kompromi minimum, yakni konsensus tersebut. Prinsip non-interferensi (sikap you do you tanpa jemawa terhadap urusan domestik anggota) juga membuat ASEAN terkesan kurang tegas. 

Pada KTT 2023, para anggota ASEAN telah bersepakat membentuk troika guna menenangkan krisis Myanmar sesuai lima butir konsensus. 

Q: Presiden Amerika Serikat ikut KTT ASEAN 2023?

A: Wakil Presiden Kamala Harris mendatangi KTT ASEAN 2023 di Jakarta. Harris telah tiba di Jakarta pada 5 September 2023. Kehadiran Wapres AS dianggap mendalami komitmen AS sebagai partner strategis, guna mengecil pengaruh Cina pada kawasan Asia Tenggara. Filipina dan juga Vietnam jelas menyondong pada AS, sedangkan Kamboja lebih terafiliasi dengan Cina. 

Q: Mengapa info soal KTT ini berfaedah bagi kamu sebagai pembaca ACI?

A: Karena kita adalah warga ASEAN. Dan sebagai warga ASEAN kita berhak menagih komitmen organisasi tersebut dalam berbagai hal. Salah satunya, krisis iklim yang makin genting. Es abadi di Puncak Jaya sudah meleleh berkat pemanasan global, warga perkotaan menderita atas kotornya kualitas udara, satwa liar di Indonesia terancam imbas lingkungan alam yang direbut manusia. ASEAN adalah salah satu kawasan paling terdampak dari krisis iklim.

(Marten Schmidt, Art Calls Indonesia, 6.9.2023)

 

Tautan:

'Foreign Policy' on Joe Biden's no-show at the ASEAN summit 2023

'Frontier Myanmar' on Indonesia's ASEAN related strategies

'Harian Kompas' on the outcome of ASEAN-strategies related to the humanitarian and political crisis in Myanmar


More from ART CALLS INDONESIA: 

Apakah generasi muda di Indonesia insaf akan demokrasi seperti penduduk muda Thailand?

Anak muda di Tanah Air tak perlu memafhumi lagi susah payahnya perjuangan demokrasi 25 tahun silam. Menjelang 'pesta demokrasi serentak' pada 2024 kelak, bagaimana dengan Gen Z dan Milenial di Indonesia? Pada polos, bandel atau masa bodoh terhadap maslahat demokrasi?