LOOKING BACK AT THE FUTURE

Moda transportasi urban yang sempat ada di Jakarta, namun menghilang lagi

Penyediaan fasilitas transportasi rendah emisi sempat marak pada 2019, kala pilihan opsi transportasi bagi warga Jakarta bertambah dengan layanan jasa sewa sepeda 'Gowes' dan e-scooter 'GrabWheels'

Pexels

Pexels

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
29.08.2023

Kendati ‘Gowes’ tidak pernah sukses dan animo masyarakat terhadapnya dari awal cukup rendah, GrabWheels sempat menjadi peluang pada 2019 untuk merevolusi pola transportasi di Jakarta. – Jadi, mengapa layanan GrabWheels tak lama usai diluncurkan sudah ditiadakan lagi?

Zip

Pendekatan artikel ini mengantar kami ke batas-batas jurnalistik di negara ini, di mana kebebasan berpendapat tidak dijamin seratus persen.

Sebagai media kecil, kami tidak cukup ampuh untuk menghadapi perselisihan apa pun dengan kesadaran bahwa penafsiran hukum tidak selalu berbasis fakta saja, namun juga dipengaruhi kekuatan finansial, sosial dan lain sebagainya. 

Ihwal pengutaraan pendapat, kami berhati-hati terhadap risiko akan pelanggaran pencemaran nama baik, dan struktur ‘karet’ dalam yurisprudensi yang bisa menjadi friksi bagi kami.

Agar aman, kami rutin berkonsultasi dengan ahli hukum yang menyarankan kami untuk tidak mempublikasikan baik informasi faktual maupun pendapat terhadap konteks sebagaimana dimaksud di sini.

Kami senang bila salah satu rekan media dengan back-up lebih resisten menyiasati dan mengangkat perspektif-perspektif yang ingin kami buka.

(Redaksi ACI, 29.08.2023)