OPEN CALLS

Traveling ke Korea, Finlandia, Spanyol dan AS, didanai program residensi seni

Finlandia konon punya penduduk paling bahagia di dunia, ACI punya daftar Open Call paling lengkap!

ACI

ACI

Article Image Title
Editor: Marten S.
02.10.2023

Di Helsinki, ibu kota Finlandia, kalian bisa berkarya bebas dalam kurun waktu selama 3 hingga 11 bulan

Lewat Open Call ini para pelamar bisa mencicipi gaya hidup khas Finlandia (nge-sauna setiap hari) dalam kurun waktu yang bisa dipilih sendiri. Ada pun beberapa opsi berbeda ditawarkan oleh Helsinki International Artist Programme: Dari lawatan ke Helsinki selama tiga bulan saja, hingga residensi dengan durasi 11 bulan. Berikut, pilihan yang tersedia:

Untuk ketiga panggilan tersebut, tenggat pendaftaran jatuh pada 31. Oktober 2023. Sampai jumpa di pondok-pondok sauna di perhutanan Finlandia!

Meraih hibah sebesar Rp 230 juta: Panggilan terbuka bagi praktisi film, media art dan audio-art 

Kabar peluang seni ini datang dari Seoul, ibu kota Korea Utara. Tenang, peminat Open Call ini tidak diharap fasih Bahasa Korea, walau tema program ini cukup berbunyi eksotis: ‘Nam June Paik: Post-Fluxus Sense’.

Nam June Paik (1932 – 2006) adalah seorang seniman asal Korea. Open Call ini bertujuan untuk memperkuat interaksi antar pelaku seni media art dari berbagai penjuru Asia. Sesuai keterangan Open Call, para pendaftar terpilih diajak untuk merefleksi pada karya Nam June Paik dalam proses pembuatan karya sendiri. Karya para pemenang juga akan dipamerkan di Seoul dan Gwangju. Pemenang juga memperoleh hibah sebesar Rp 230 juta. 

Tenggat: 16 Oktober 2023 | Pendaftaran

Arsip Aci Files

Arsip ACI

Dana sebesar Rp 328 juta bagi pelaku seni tari untuk pentas tari di luar negeri 

’Zodiak’ (bukan sebuah kelab malam khusus anak skena tertentu) menawarkan bantuan secara finansial. Lembaga ini bertujuan untuk mempererat koneksi antarnegara di ranah seni tari. Mereka menerima pengajuan proposal pelaku seni tari dari seluruh dunia. Proposal yang dibawa kudu membahas bagaimana relasi antara audiens dan penari bisa dikembangkan dan direka secara baru. 

Berdasarkan proposal yang terpilih, Zodiak akan mengajak sekawanan penari untuk tampil di Finlandia. Support yang ditawarkan Zodiak mencapai EUR 20,000 atau Rp 328 juta (termasuk honorarium, akomodasi dll).

Tenggat: 4 Oktober 2023 | Pendaftaran

Bawa karya fotografi mu ke Pulau Menorca di Spanyol

Program residensi ini mengundang praktisi fotografi kontemporer dari seluruh dunia. Residensinya akan berlangsung dari April hingga Mei 2024 di Menorca, sebuah pulau di Spanyol. Selepas menghabiskan sebulan di Menorca, para tamu kreatif akan mempresentasikan karya-karya fotografi mereka dalam bentuk pameran, terbuka bagi semua penduduk pulau dan wisatawan di Menorca. 

Pelamar terpilih akan disediakan akomodasi dan bantuan finansial atas biaya transportasi. Ada pun honorarium sebesar EUR 1500 atau Rp 24 juta per orang. Penyelenggara program residensi ini juga bersedia mengganti biaya pengurusan visa. 

Tenggat: 7 Oktober 2023 | Pendaftaran

More Contact than Just Contacts Aci

Satu penyelenggara, tiga program residensi berbeda

Singkat saja, nama lembaga yang membuka ketiga kesempatan ini adalah Art Omi. Lantas, siapa saja yang bisa melamar di Art Omi? 

Ketiga program residensi akan berlangsung di sebuah kota kecil bernama Ghent, di utaranya New York City. 

Tenggat: 15 Oktober 2023

(Marten Schmidt, 02.10.2023, Art Calls Indonesia)


Open Calls dari Asia Tenggara:

Angkor, What? The ‘Angkor Photo Festival’ invites you to send in your application for next years’ edition

Welcome Southeast Asia, join us crossing borders between countries & between creatives of all levels and origins! Follow 'ART CALLS SOUTHEAST ASIA' on Instagram.