SHIT HITS THE FAN

Pencuri kursi toilet emas nyaris Rp 100 miliar akhirnya didakwa

Pada 2019, ‘Amerika’ dicuri: Amerika adalah judul dari sebuah karya seni instalasi berupa kursi toilet yang kala itu dibongkar sekawanan pencuri

Karya seni instalasi 'Amerika' saat dipajang di Museum Guggenheim di kota New York (2017) | Foto: 'Public Provider'

Karya seni instalasi 'Amerika' saat dipajang di Museum Guggenheim di kota New York (2017) | Foto: 'Public Provider'

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
30.11.2023

Oxford, Inggris – Sebelum toilet berlapis emas 18 karat itu dibawa kabur oleh sekelompok pencuri, ‘Amerika’ sempat dipamerkan di Istana Blenheim, dekat kota Oxford di Inggris pada 2019. Sebagai sindiran atas kekayaan berlebihan, karya seni konseptual itu saat dipajang di Istana Blenheim betul-betul berfungsi seperti toilet biasa, bebas untuk digunakan oleh pengunjung pameran. Kesempatan untuk mencicipi rasanya boker di kursi toilet senilai 4,8 juta Pound sterling sudah berlalu dua hari setelah pemerannya dibuka untuk umum. Sejak 2019 karya oleh seniman konseptual Italia, Maurizio Cattelan, dinyatakan hilang. 

Jaksa penuntut umum di Oxford telah mengajukan tuntutan pidana terhadap empat pria yang didakwa merupakan pencuri toilet itu. Dihadirkan di Pengadilan Magistrat Oxford pada 28 November kemarin, keempat pria asal Inggris tersebut, didakwa bertanggung jawab atas aksi pembongkaran toilet mewah. Mereka diminta hadir kembali pada pengadilan pada bulan Januari mendatang. 

Baca juga: Konsumsi narkoba tidak ada pengaruh positif pada kreativitas

Tentang Maurizio Cattelan

Terkenal berkat seni yang berkesan provokatif, Maurizio Cattelan sudah menciptakan berbagai karya rupa instalasi dan objek yang dianggap banal, non-konvensional dan receh. Salah satunya berjudul ‘Comedian’ (ACI telah memberitakan) dan sengaja-tidak-sengaja mempertanyakan apa yang masih layak dicap ‘seni’. 

Sebelum dipamerkan di Inggris, kursi toilet ciptaan Maurizio Cattelan juga sempat dipajang di Museum Guggenheim sebagai kamar mandi yang bebas digunakan pengunjung museum.

Baca juga: Mahasiswa yang makan karya seni senilai nyaris 2 miliar rupiah buka suara

(MS, Art Calls Indonesia, 30.11.2023)