SANTAPAN SENILAI MILIAR RUPIAH

Mahasiswa yang makan karya seni senilai nyaris 2 miliar rupiah buka suara

Habis menjadi viral dadakan di dunia seni, mahasiswa asal Korsel berencana bikin karya sendiri bertema agama – sangat 'menghermankan'

NYP

NYP

Article Image Title
Editor: Marten S.
26.06.2023

Bulan April lalu seorang mahasiswa asal Korsel sempat menjadi bincangan medan dunia seni usai dia ‘memakan’ sebuah karya seni oleh Maurizio Cattelan. Berjudul ‘Comedian’, karya tersebut pernah dijual senilai 1,8 miliar rupiah walau hanya sebuah pisang yang ditempelkan dengan selotip pada dinding. Kala dipamerkan di museum Leeum Museum of Art di Seoul, Noh Hyun-soo mencopot pisang tersebut dan memakannya di hadapan tamu museum yang kemudian ramai di internet. 

Bukan mahasiswa jurusan seni 

Kini, mahasiswa tersebut membuka suara untuk pertama kalinya dan mengungkapkan bahwa sebelumnya ia  tidak mengenal karya ‘Comedian’ oleh Maurizio Cattelan. ‘Menurut saya Comedian bisa dibilang merupakan karya seni, walau harga karyanya konyol. Akan tetapi, pasti ada opini-opini berbeda,’ lantaskan pria epikuris ini. 

Merespon pada beberapa fakta yang disebarluaskan oleh media Korsel dan kemudian media mancanegara, Noh Hyun-soo membenarkan informasi mengenai latar belakangnya bahwa dia bukan mahasiswa seni: ‘Sebenarnya saya mahasiswa jurusan studi agama dan estetika.’ 

‘Saya hanya orang biasa saja sebelumnya, namun sekarang sudah tembus sampai The Guardian karena komedinya makan pisang,’ ia menuturkan. ‘Saya sangat tertarik dengan lukisan kecerdasan buatan. Sepertinya menyenangkan untuk mengekspresikan aspek-aspek religius dari Timur melalui kecerdasan buatan,’ tutup Noh Hyun-soo. (mrt, 26.06.2023)