BULETIN PELUANG SENI

Local Pride: 4 peluang seni buat semua insan kreatif di Indonesia

Dalam buletin ini kami membagikan empat 'open calls' baru dari Indonesia. Kala ini dari ranah fotografi, jurnalisme, perfilman dan seni tari. Semoga bermanfaat!

Arsip ACI

Arsip ACI

Article Image Title
Editor: Marten S.
06.06.2023

Undangan terbuka untuk seluruh koreografer Indonesia  

Yayasan Seni Tari Indonesia mengajak pegiat seni tari dan koreografer untuk mengirimkan proposal rencana karya untuk perhelatan seni tari berjudul ‘Distance Parade’. Sebanyak sepuluh proposal akan terpilih untuk mengembangkan karyanya dan kemudian dipentaskan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. 


Daftarkan karya film pendek untuk festival film Australia-Indonesia bertema 'Pencarian'

Kompetisi dan ajang film pendek bertajuk ‘ReelOzInd’ mengabungkan tidak hanya karya-karya film dari Indonesia dan Australia, begitupun audiens dan para pelaku seni juga dipertemukan secara lintas budaya. 

Ajuan karya film pendek diharap berdurasi maksimal 10 menit. Kompetisi ini terbagi melalui beberapa kategori berbeda, termasuk kategori fiksi, dokumenter dan kategori khusus filmmaker di bawah 18 tahun. Para pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp 223 juta. 

Juri yang akan menyeleksi karya-karya yang diajukan berdiri dari pelaku dan pakar industri perfilman asal Indonesia dan Australia. Antara lain, sutradara Indonesia Riri Riza, yang beranggota sebagai juri tahun ini. 

Baca juga: 7 peluang seni dan loker dari skena seni & media Indonesia


Lomba fotografi dari Jakarta Post untuk fotografer segala tingkat 

Koran harian ‘The Jakarta Post’ membuka kesempatan untuk mendapatkan tidak hanya apresiasi sebagai fotografer, namun juga sorotan melalui sarananya Jakarta Post. Semua fotografer berbasis di Indonesia, baik fotografer berlatar profesional maupun amatir, dipersilakan untuk mendaftar. 

Bersama dengan ‘PannaFoto Institute’, panitia Jakarta Post mencari karya-karya foto yang menampilkan keberagaman di Indonesia, melalui perspektif warga yang berpartisipasi dalam proses pendemokrasian Indonesia. Ajukan karya fotografi yang mengisahkan tentang semangatnya partisipasi sipil, baik dalam aktivisme sosial atau kehidupan komunitas misalnya. 

Baca juga: Open Call ke Wina, Austria


Jurno.id, media niche dari Indonesia, bisa mempublikasikan naskah jurnalistik kalian 

Jurno.id adalah media mungil yang rutin membagikan perspektif-perspektif yang berbeda dengan dinamika liputan media pada umumnya di Indonesia. Sarana kecil itu mengajak penulis dan pegiat jurnalisme untuk mengirimkan naskah artikel untuk dipublikasikan di jurno.id. Tidak terdapat persyaratan mengenai tema yang ingin diangkat, dan dapat meliputi tema-tema seperti budaya pop, perubahan sosial, atau teks berbasis riset. Penulis akan mendapatkan Rp 400,000,-.

 

Open Calls mancanegara:

artcallsindonesia.com/open-calls