WAWANCARA EKSKLUSIF

Interview paling unik yang lo pernah baca: Bersama 'BC', seniman anonim dari Bandung

Wawancara eksklusif - Bagaimana caranya mewawancarai seorang seniman yang sengaja memilih untuk merahasiakan identitas?

Cover majalah Christie's dari tahun 1999, yang ditutupi dengan letakan stiker terkamuflase oleh Beyond Crap | Foto: Art Calls Indonesia, Marten

Cover majalah Christie's dari tahun 1999, yang ditutupi dengan letakan stiker terkamuflase oleh Beyond Crap | Foto: Art Calls Indonesia, Marten

Article Image Title
Editor: Marten S.
12.05.2023

... Sebenarnya bisa saja, dengan cara dia mengenakan topeng misalnya. Seperti Daft Punk. Di TV pun, wajah seorang whistleblower atau pelakor yang gak mau ketahuan identitas, kerap di-blur – tersisa siluet narasumbernya saja.

Beda dengan interview ini. ACI tidak berjumpa secara langsung dengan narasumbernya, ia meminta untuk berkomunikasi secara tertulis bersama kami. 

Beyond Crap (nama aslinya tidak kami kenal) sedang berpameran di Galeri Selasar Sunaryo Art Space di Bandung dengan memakai identitas alter-alteran selaku seniman visual. Lewat karya-karyanya di Selasar Sunaryo Art Space, Beyond Crap bermain dengan klise, gogon-gogon dunia seni, dan realitas pahit dan biadab yang dihadapi praktisi seni rupa. Diaduk dengan sedikit sarkasme dan ironi, dia menunjukkan series karya yang tampak seolah versi teladan dan canggih dari humor meme khusus anak dunia seni.

Bc7

Foto: Art Calls Indonesia 

Berkat Beyond Crap memilih untuk berkarya secara awanama, pertanyaan soal motivasi di balik penyamaran tersebut sempat menjadi lebih menarik bagi kami daripada memikirkan taktik untuk ngepoin siapakah orang di balik sosok tersebut. Apakah kreator ini begitu gak pede untuk menyalurkan pesan-pesan ironis dia punya atas nama asli kepada kawan-kawan bidang seni rupa?

ACI telah mengirimkan satu dan lain pertanyaan pada Beyond Crap untuk meminta perspektif dia pada kancah seni rupa Indonesia. Wawancara ini telah kami laksanakan secara tertulis, di mana Beyond Crap telah merespon dengan cara nan ajaib dan unik.  

Baca juga: Interview dengan seniman dari Bandung (?) yang merahasiakan identitasnya dengan ketat

Terselubung dalam majalah jadul Christie’s dari tahun 1999, tertempel sebuah interview yang sudah tersusun secara grafis. Lucunya, isi interview yang bercakup dari mata uang kripto hingga NFTs sebagai masa depannya dunia seni berputar tentang hal-hal yang pasti belum terbayang pada kala majalah ini diterbitkan.

Begitu pun dengan judul majalah pada covernya, yang ditutupi dengan letakan stiker terkamuflase oleh Beyond Crap.

Bc10

Foto: Art Calls Indonesia 

Ada ga, tips bertahan hidup di kancah seni? Dan gimana sih caranya seorang seniman alter-alteran bisa langsung menembus ke sebuah galeri tenar? Apakah sang kreator dibaliknya ternyata pemain lama? 

Asumsi-asumsi tersebut akan terjawab dengan puas dalam interview selengkapnya yang akan kami terbitkan pada minggu depan!