KEBEBASAN PERS

Seberapa kondusif lanskap media Indonesia dalam perbandingan mancanegara

Indeks Kebebasan Pers 2023: Timor-Leste masuk peringkat negara paling bebas sedunia untuk pekerja media, Indonesia tetap payah

Art Calls Indonesia

Art Calls Indonesia

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
04.05.2023

Lembaga nirlaba ‘Reporters Without Borders’ telah merilis daftar indeks kebebasan pers sedunia terbaru. Dalam edisi perbandingan mancanegara tahun ini, Indonesia maju sedikit dan naik sembilan peringkat. Namun, RI masih mengombang-ambing di kalangan menengah bawah dalam daftar tersebut, dan menduduki peringkat ke-108 dari 180 negara. 

Cukup kontras, Timor-Leste berada di peringkat ke-10 dan hanya dikalahkan segelintir negara maju seperti Norwegia (1) atau Swedia (4). Sekadar dengan Indonesia, terdapat Thailand pada peringkat 106, di mana pekerja media terancam pelaku kekerasan berlatar aktor negara, polisi dan penguasa lainnya. 

Negara maju seperti Singapura tertinggal jauh dan dihadiahkan dengan posisi ke-129. Pasalnya, lanskap media di Singapura cukup terbatas dan kurang beragam. 

Vietnam hanya mencapai peringkat 178, dan menjadi zona terkelam dalam kawasan ASEAN untuk kebebasan pers. Hanya Cina dan Korea Utara menyediakan suasana lebih buruk lagi untuk kebebasan pers. 

21

(mrt, ACI)