BULETIN BERITA

Ribuan mahasiswa Papua terancam putus kuliah di luar negeri

Buletin ACI: Lebih dari 1,700 mahasiswa Indonesia di luar negeri terpaksa kembali ke Papua karena kehabisan dana untuk kuliah, Kaisar Jepang berkunjung ke Museum Nasional, dan seorang konservator di Austria menemukan buku tertua di dunia

Pexels

Pexels

Article Image Title
Editor: Marten S.
23.06.2023

Ribuan mahasiswa Papua terancam putus kuliah di luar negeri

Bahkan ada penerima beasiswa asal Papua di Jerman terpaksa menginap di sebuah taman akibat diusir dari asramanya.

Lebih dari 1,700 penerima beasiswa otonomi khusus dari Papua terancam tidak dapat melanjutkan kuliah di luar negeri karena keterlambatan pembayaran biaya kuliah oleh pemerintah provinsi Papua. Dilansir kompas.id, 30 mahasiswa terpaksa kembali ke Papua karena kehabisan biaya untuk melunasi pembayaran kuliah di luar negeri. Tempat studi mereka meliputi negara-negara seperti Amerika Serikat dan Selandia Baru. 

Kaisar Jepang betah banget nyeni di Jakarta 

Terkesima pada Indonesia dan khususnya koleksi artefak purwarupa di Museum Nasional, Jakarta, Kasiar Naruhito dan Permaisuri Masako menghabiskan 1,5 jam di museum tersebut (lebih lama dari pengunjung biasa sepertinya). 

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid menyoroti peluangnya untuk mempererat hubungan seni dan budaya antara Indonesia dan Negara Sakura. ‘Kerja sama dengan Jepang ini tidak melulu soal ekonomi dan geopolitik di kawasan, tetapi juga kebudayaan,’ ia imbuh pada kompas.id.

Konservator di Austria secara acak menemukan buku tertua di dunia 

Dari penjaga akademik khusus koleksi-koleksi purba dan langka, seorang konservator buku di Austria menjadi penemu dari artefak tertua di dunia dalam bentuk buku.

Ia sempat merasa seperti Indiana Jones, kata Theresa Zammit Lupi yang mengelola dan memantau kondisi keterawatan koleksi-koleksi buku di Universitas Graz, Austria. Fragmen buku tersebut ia temukan tidak sengaja ketika rutin riset berbasis koleksi buku universitas. Menurutnya, fragmen buku tersebut berasal dari abad ke-3 SM. 

(mrt, 23.06.2023)