OPEN CALL

Perupa merapat! Pamerkan lukisanmu di Jogja!

Merintis karier sebagai pelukis: Buat kalian yang berbakat di seni rupa, Open Call ini wajib diikuti

Jogja Affordable Art

Jogja Affordable Art

Article Image Title
Editor: Marten S.
09.01.2023

Open Call ini menjanjikan peluang berkesenian untuk semua pelaku seni berbakat di seni lukis. Terlepas dari domisili, usia dan latar belakang, semua peminat berkesempatan untuk memamerkan karya orisinal pada ajang seni ‘Jogja Affordable Art’.

Pertautan antar seniman

Dengan memamerkan karya-karya lukisan terseleksi dari panggilan terbuka ini, panitia Jogja Affordable Art berikhtiar untuk mendorong dan memperkokoh kancah seni rupa lokal. Jogja Affordable Art tidak hanya menggelorakan skena anak-anak kreatif di kota Jogja, melainkan Open Call ini terbuka untuk peminat dari seantero Indonesia. 

Kriteria dasar

Idealnya, kalian sudah aktif mengikuti kegiatan seni rupa selama tiga tahun terakhir ataupun memiliki portofolio karya yang bisa memikat perhatian panitia.

Karya yang ingin kalian ajukan berupa lukisan dua dimensi, dan dibuat oleh kalian sendiri dalam satu tahun terakhir. Sebaiknya, kalian ajukan karya terbaru.

Pameran ini bertujuan untuk menguntungkan para seniman lewat penjualan karya. Dengan melamar panggilan terbuka ini, pastikan karya kalian dapat diperjualbelikan. Untuk keterangan terperinci, Jogja Affordable Art dapat dihubungi melalui pranala yang tercantum di bawah. 

Tips mantep ACI

Apa yang perlu kalian siapkan? Seniman lukis kudu bisa self-marketing dan juga mesti kerja dengan apik biar bisa menjadi seniman yang dikenal audiens ekosistem seni. Berikut beberapa hal yang mesti kalian pentingkan dan persiapkan:

  • Atur waktu kalian dengan baik, dan daftar selambat-lambatnya hingga 20 Januari 2023
  • Pastikan CV kalian sudah apik dan terupdate
  • Lukisan yang ingin kalian ikut sertakan berukuran maksimal 120cm x 50cm

Lantas, kalian tinggal membuka pranala ini serta mengisi data diri dan mengunggah foto karya. Sebaiknya kalian juga melampirkan semacam teks deskripsi mengenai karya yang diajukan. 

Jogja A A

Jogja Affordable Art

Pengumuman Penyeleksian

Panitia Jogja Affordable Art akan mengumumkan peserta yang lolos seleksi pada 26 Januari 2023. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi kemudian dipersilakan untuk mengirimkan karyanya ke Yogyakarta, di mana pameran Jogja Affordable Art akan berlangsung.

 

Penyelenggara: Jogja Affordable Art

Keterangan dan Pendaftaran

Tenggat: 20 Januari 2023

 

Produksi editorial serta penerbitan artikel ini didukung oleh penyelenggara panggilan terbuka ini melalui ‘Art Calls Indonesia Solidarity Grant’ – Sebuah ikhtiar oleh Art Calls Indonesia sebagai gerakan swadaya untuk membantu komunitas seni independen di Indonesia. ‘Art Calls Indonesia Solidartiy Grant’ ini hanya dituju pada komunitas berskala kecil, bersifat independen ataupun merupakan ikhtiar oleh pelaku seni pendatang baru, dan tidak diperoleh pada lembaga / perusahaan mapan baik dari ranah seni maupun bidang komersial apapun. Melalui ‘Art Calls Indonesia Solidarity Grant’ Art Calls Indonesia mempromosikan kegiatan publik oleh komunitas-komunitas seni tanpa mengenakan harga tarif standar atas jasa iklan yang disediakan. Pembuatan artikel ini didukung oleh penyelenggara Open Call ini dengan donasi atas jumlah yang ditentukan secara bebas oleh pihak yang dipromosikan. #KohesiDiSeni