DIREKTORI JAKARTA

Pameran seni yang sungguh menarik dan pelik di Komunitas Salihara

Pada bulan Ramadan ini Komunitas Salihara (Jakarta) menyambut para penikmat seni dengan pameran anyar di sebuah ruang yang berpaut dengan suara, musik dan bunyi eksperimental

Thariq Fiorano / ACI

Thariq Fiorano / ACI

Article Image Title
Editor: Marten S.
11.04.2022

Jakarta - Baru saja pada akhir pekan kemarin DJ asal Korea Peggy Gou telah manggung di Uluwatu, Bali. Pagelaran musik bikinan DJ biasanya mengajak audiens untuk bertranspirasi (cari keringat) sambil ajojing sesuai irama si DJ – dari ritme monoton hingga suasana yang berosilasi dan membuat semua hadirin bersiap untuk mengacung tangan dan lompat.

Bagi kamu yang enggan mengumpul di skena party Bali penuh keringat tamu-tamu negara tapi tetap cukup penasaran dengan seni musik, disini kami berjasa dengan satu event-tip yang tak boleh kamu lewatkan!

Pameran seni musik eksperimental bertajuk ‘Asemic Sound Cycles’

Komunitas Salihara yang bermarkas di Pasar Minggu, Jakarta, kini menyambut warga Jabodetabek dengan pameran seni yang sungguh berbeda, menarik dan pelik. Pameran ini digagaskan oleh Felix-Antoine Morin, seniman musik eksperimental asal Kanada yang perdana kali nya berpameran di Indonesia. Selayang pandang, pameran ini mengajak pengunjung untuk sebuah pengalaman cukup abstrak. 

2

Pameran seni bertajuk 'Asemic Sound Cycles' di Galeri Salihara (2022) | Foto: Thariq Fiorano / ACI

White Noise tanpa titinada 

Asemic Sound Cycles memamerkan representasi bentuk musik berdasarkan repertoar komposisi yang digubah oleh Félix-Antoine Morin. Melalui konstruksi visual dan permainan ketukan, ia menciptakan hubungan antar-bunyi dan mengubah nada-nada utama menjadi materi yang abstrak. Hasilnya adalah bentuk-bentuk karya yang puitis dan berirama dalam torehan-torehan grafis.

Karya media baru ini tidak hendak ditafsirkan dari sisi musikalitasnya. Kita dapat menikmati pengalaman estetik yang multitafsir berdasarkan keberagaman persepsi yang abstrak. Di sisi yang lain Asemic Sound Cycles hendak menunjukkan sisi kepekaan musik dan gambar dari si seniman.

Kerabat Kerja:
Reporter: Thariq Fiorano | Penulis: Marten S.

Untuk mengetahui detail pertunjukan silakan kunjungi sosial media Komunitas Salihara: Instagram @komunitas_salihara