JAGO BERDUSTA

Pakar dari Harvard yang meneliti kejujuran dikatakan berkelakuan tidak jujur

Beberapa publikasi mengenai tema kejujuran dan perilaku peserta ekonomi yang dibuat oleh Francesca Gino diduga gunakan data palsu

Vecteezy / Reza Fahmi Kalkasandi

Vecteezy / Reza Fahmi Kalkasandi

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
02.07.2023

Francesa Gina adalah nama yang dikenal di kalangan penelitian ekonomi perilaku. Penelitian pakar tersebut dari Harvard Business School (Boston, Massachusetts) mencakupi tema-tema seperti apakah tingkat kejujuran peserta pelaporan pajak dapat dinaikkan melalui penyesuaian spesifik dalam berkas-berkas laporan pajak.

Sekarang, kejujuran sang peneliti sendiri pun dipertanyakan publik. – Penelitian Francesca menghasilkan asumsi bahwa tingkat anti-bohong tersebut menambah apabila pengisi berkas laporan tidak diminta untuk menjamin kebenaran datanya pada akhir formulir, namun langsung saja pada awalnya. Maka, tingkat kejujuran dikatakan naik secara signifikan. Tak heran, penyedia asuransi dan lembaga pajak dari seluruh dunia kemudian kian tertarik dengan hasil riset Francesa. 

Namun, di dunia ilmiah riset Francesa sudah dicurigai kurang teliti dan dianggap tidak menyakinkan sebab metodik yang kurang persis. Ke-waswas-an rekan-rekan dunia ilmiah kemudian menjadi tuduhan konkret, usai sekelompok periset mengungkapkan beberapa hal ganjil dalam publikasi-publikasi Francesca. Kelompok investigatif tersebut telah mengajukan bukti penipuannya pada Harvard Business School yang telah mencabut Francesca sebagai peneliti aktif. Melihat aktivitas lainnya di luar orbit akademik, Francesca juga diketahui terbitkan buku panduan miris berjudul ‘Rebel Talent: Why It Pays to Break the Rules at Work and in Life’. 

(mrt, 02.07.2023)