OPEN CALL

Open Call khusus skenario dan produksi film yang wajib kalian pertimbangkan!

Hibah seni dari Korsel buat seniman asal Asia untuk merealisasikan karya filmnya

ACI

ACI

Article Image Title
Editor: Marten S.
14.03.2023

Peluang seni berikut terbagi dalam tiga kategori untuk mencakupi semua tingkat perkembangan serta genre dari proyek film yang kalian kerjakan. Asian Cinema Fund, lembaga seni yang bermarkas di Korea Selatan, menyediakan tiga sub-kategori berbeda untuk membantu kalian yang punya karya film sudah jadi ataupun gagasan skenario yang layak dimanjakan dengan support finansial. 

Program hibah Asian Cinema Fund 2023 terbagi dalam:

  • Panggilan terbuka pada karya film dalam status script development 
  • Dalam status post-production
  • Serta khusus film genre dokumenter 

Ketiga opsi tersebut terbuka hanya bagi praktisi film asal Asia untuk mendukung produksi film independen dalam kondisi aman secara finansial. Asian Cinema Fund bertujuan untuk membantu penggagas dan kreator film layar lebar serta film dokumenter Asia dalam memposisikan diri sebagai mitra kreator pada tingkat pan-Asia.

Membawa karya-karya seniman film Asia ke level global 

Lewat Busan International Film Festival, Asian Cinema Fund juga menyediakan sarana bergengsi untuk memperkenalkan sineas pendatang baru dari seluruh Asia.

Kategori 1: Script Development Fund

Hibah ini dikhususkan bagi filmmaker independen yang sedang mengembangkan naskah feature-length fiction pertama maupun kedua. Hadiah tunai senilai Rp 118 juta. 

Tenggat: 10 April 2023

Kategori 2: Post-Production Fund

Kategori submisi ini terbuka untuk karya feature-length fiction. Asian Cinema Fund menyediakan dukungan dalam tahap Post-Production. Seniman-seniman terpilih akan diundang untuk sambang ke Korsel (dibiayai lengkap) dan mempersembahkan karya filmnya di Busan Int. Film Festival.

Tenggat: 20 April 2023

Kategori 3: Dukungan untuk film dokumenter 

Kategori ini merupakan panggilan bagi pembuat film dokumenter untuk sabet pendanaan hingga Rp 235 juta. Antara lain, salah satu syarat pendaftaran adalah karya diharap akan dirilis di bioskop. 

Tenggat: 15 Mei 2023 

 

Penyelenggara: Asian Cinema Fund

Negara: Korea Selatan

Tenggat Pendaftaran: 10 April / 20 April / 15 Mei 2023 (tergantung kategori submisi)

Keterangan lebih lanjut: https://acf.biff.kr/eng/