OK ACI

Oopsie: Marina Abramović tak sadar objek dia antuk ternyata karya seni rekannya

Kala Marina Abramović mengunjungi pameran seni rekannya ia 'blunder', mengira karya seni sekedar benda fasilitas museum saja

Frankie F via WikiCommons

Frankie F via WikiCommons

Article Image Title
Editor: Marten S.
06.01.2023

Amsterdam, Belanda – Orang biasa dan kalangan influencer kian keliru dengan objek-objek kesenian: Tahun 2018 pengunjung Museum Macan, Jakarta, berdekatan langsung dengan karya-karya imersif oleh Yayoi Kusama, membuat beberapa karya jatuh dan gelinding. Tidak mencengangkan, karya seni yang tampak keren untuk difoto, menjadi sentra yang mengajak untuk berpose dengan absurd demi sosmed. Meskipun bukan karya ‘taktil’, Museum Macan waktu itu menenangkan bahwa karya-karya Yayoi Kusama tidak mengalami kerusakan.

Selain karya seni yang terlihat mentereng di foto, ada juga yang hadir secara lebih subtil, sehingga pertanyaan ‘apakah itu seni?’ berkeliaran di benak pengunjung. Sang pionir seni performans, Marina Abramović, ternyata juga pernah mengalami situasi serupa. Dalam sebuah kumpulan cerita dilansirkan Financial Times (1/12/22), Abramovic mengakui bahwa ia pernah merasa malu saat ia ditegur pengawas museum: Pada waktu ia mengunjungi pameran seni Anne Imhof di Museum Stedelijk di Amsterdam (‘Youth’ – Anne Imhof | 1 Oktober 2022 hingga 29 Januari 2023), ia sempat menitip tas miliknya dalam sebuah lemari yang baginya tampak sebagai fasilitas museum. Kemudian ia dihimbau oleh petugas museum bahwa lemari tersebut merupakan karya seni dan bagian dari pameran Anne Imhof. ‘This was my (...) embarrassment of the day. I apologized and entered the exhibition with an open mind,’ ia tuntas.