OPEN CALL

Kans bagi praktisi seni perempuan dan transpuan untuk bersekutu!

Ikuti Sekolah Pemikiran Perempuan dalam eksplorasi mereka di skena seni

Symbolic Picture, Pexels

Symbolic Picture, Pexels

Article Image Title
Editor: Marten S.
20.12.2022

Tiga kata tersambung dalam satu kalimat untuk menjabarkan suatu tipe seniman yang masih asing kita jumpai dalam skena seni: Independen + Berpengaruh + Perempuan. 

Sebagai ikhtiar untuk memopulerkan perspektif feminis, Sekolah Pemikiran Perempuan menjalankan berbagai aktivitas yang pada awalnya inisiatif ini didirikan berangkat dari serangkaian lokakarya oleh tim pengurus hibah Cipta Media Ekspresi – organisasi hibah seni tercatat hingga tahun 2019 (sesuai lansiran mutakhir pada website) mengabulkan dana sebesar 3,5 milyar rupiah bagi gagasan yang diajukan pada mereka.

Pada semester pertama tahun 2023 Sekolah Pemikiran Perempuan akan melaksanakan serangkaian pertemuan daring, di mana 20 pelamar terpilih dapat ikut serta dalam berbagai bentuk pertukaran ilmu. Saban hari Sabtu, Sekolah Pemikiran Perempuan akan memfasilitasi ruang online untuk berdiskusi selama empat bulan, dari akhir Januari hingga akhir Mei 2023.

Teruntuk pegiat seni dan budaya yang mengidentifikasikan diri sebagai puan maupun non biner 

Program ini tidak bertujuan menjadi majelis bebas cowok dan tidak memilah para laki-laki dan perempuan. Melainkan, inisiatif anyar ini bertujuan untuk memotori pegiat seni perempuan dan memperkenalkan mereka pada kancah seni di Tanah Air yang cenderung didominasi oleh seniman maskulin. 

Dalam seri lokakarya tersebut terdapat mata pelajaran seputar pemikiran feminisme anti-kolonial dan pemikiran feminis di Indonesia, politik gender dalam seni dan budaya di Indonesia, serta tentang pengorganisasian aktivisme kultural dalam perspektif feminis. 

Setiap hari Sabtu 

Rangkaian lokakarya ini akan diadakan dari akhir Januari hingga akhir Mei 2023 setiap hari Sabtu secara daring. Pengampu kelas adalah pengelola Sekolah Pemikiran Perempuan dengan melibatkan beberapa pekerja seni budaya, akademisi, dan aktivis sebagai pembicara tamu.

Melamar sebelum 7 Januari 2023

Peserta Sekolah Pemikiran Perempuan 2023 akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti rangkaian kelas ini tanpa dipungut biaya.

Untuk memenuhi kriteria yang ditentukan penyelenggara, pelamar diharap melamar dengan melampirkan CV dan personal statement / surat motivasi. 

Berbeda dengan nada-nada inklusif yang dibawa oleh penyelenggara, Sekolah Pemikiran Perempuan juga mencatat ‘lampiran surat rekomendasi’ sebagai kriteria pilihan. Dengan demikian penyelenggara menerima penyertaan surat rekomendasi dari rekan dalam jaringan Sekolah Pemikiran Perempuan sebagai nilai tambahan.

Kriteria Peserta

  • mengidentifikasikan diri sebagai puan maupun non biner
  • berusia minimal 18 tahun
  • memiliki minat di bidang pemikiran feminis, seni dan budaya
  • memiliki pengalaman di bidang seni, budaya, atau organisasi perempuan

 

Penyelenggara: Sekolah Pemikiran Perempuan

Pendaftaran: https://www.pemikiranperempuan.org/spp-2023-panggilan-terbuka

Tenggat: 7 Januari 2023