OPEN CALL

Penulis awal karier: Ikuti seleksi 'Emerging Writer'!

Apakah kamu seorang penulis sastra awal karier yang produktif menghasilkan cerita pendek dan ingin membuat karier sastramu semakin moncer, sekaligus memperluas jejaringmu dengan penulis, seniman mancanegara dan pegiat seni lokal?

UWRF

UWRF

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
09.01.2024

Jika iya, maka kamu tidak boleh melewatkan seleksi Emerging Writers (penulis pendatang baru) dari Ubud Writers & Readers Festival 2024, yang baru saja dibuka pada 8 Januari 2024.

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) adalah salah satu gelaran sastra terdepan di Asia Tenggara yang didirikan pada 2003 sebagai proyek pemulihan dari tragedi Bom Bali I. UWRF telah menampilkan banyak penulis, wartawan dan aktivis ternama dari berbagai penjuru dunia. Beberapa di antara mereka telah memenangkan Booker Prize (seperti Bernadine Evaristo, Geetanjali Shree, Shehan Karunatilaka).

Sementara itu, program Penulis Emerging UWRF diluncurkan pada tahun 2008 untuk mengembangkan bakat-bakat baru dalam sastra Indonesia. Setiap tahunnya, karya para penulis emerging UWRF diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan dibukukan dalam Antologi Dwibahasa Tulisan Indonesia.

UWRF mendefinisikan Penulis Emerging sebagai penulis yang muda dari segi usia (di bawah  35 tahun) atau muda dari segi karya (belum pernah menerbitkan lebih dari dua buku). Pada tahun-tahun sebelumnya, program Penulis Emerging UWRF menerima karya dalam bentuk cerita pendek, nukilan novel, puisi dan esai. Namun sejak tahun 2022, program Penulis Emerging UWRF hanya menerima karya dalam bentuk cerita pendek, demikian pula program Penulis Emerging UWRF tahun ini. Adapun tema untuk program Penulis Emerging UWRF tahun ini adalah Kearifan Lokal.


Baca juga: ACI WITH ACCENT 

Aci with Accent Banner

The only media column in Indonesia covering all things intercultural. In ACI WITH ACCENT Marten as the initiator of ART CALLS Indonesia reflects in personal opinions on topics related to interculturalism and feelings of belonging. Through ACI WITH ACCENT he accentuates with his very own accent and oscillates between perspectives from varying sides. ACI WITH ACCENT is one of the most read and most controversial rubrics on ACI, holding up a mirror to readers and questioning what contemporary Indonesianness could be. | Bule seolah Epifani: Mengapa orang Indonesia merasa inferior sama bule

Karya terpilih 

Bagi penulis yang karyanya terpilih, cerita pendeknya akan diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan akan diterbitkan dalam versi dwibahasa dalam Antologi Tulisan Indonesia UWRF 2024. Selain itu, penulis yang terpilih juga akan disponsori untuk menghadiri gelaran UWRF 2024 yang akan diadakan di Ubud, Bali  dari tanggal 23 - 27 Oktober 2024.

Biaya transportasi udara dan darat, serta akomodasi para Penulis Emerging UWRF akan ditanggung panitia. Saat UWRF 2024 berlangsung, tidak hanya para penulis  terpilih akan mendapatkan akses terbuka untuk berjejaring, mengikuti jamuan makan malam dan tampil satu panggung  bersama dengan berbagai penulis, pemikir, seniman dan pegiat Indonesia dan mancanegara dalam berbagai program. Tidak hanya itu, para penulis terpilih juga akan mendapatkan akses untuk mengikuti lokakarya dan masterclass.

F1 Omo Wua Iae M Jd

Suasana di Ubud Writers and Readers Festival 2023 | Foto: UWRF

Terbuka untuk peminat dari seantero Indonesia 

“Banyak sekali penulis yang sangat berbakat dari berbagai penjuru Indonesia, yang sayangnya belum mendapatkan kesempatan untuk tampil karena tidak memiliki koneksi atau akses yang cukup. Program penulis emerging UWRF ini harus menjadi wadah untuk bisa menemukan bakat-bakat luar biasa tersebut,” ucap Manajer Program Indonesia UWRF Gustra Adnyana.

Banyak alumni dari program seleksi Emerging Writers Indonesia telah menjadi sosok berpengaruh dalam dunia sastra Indonesia dan mancanegara. Buku karya beberapa alumni emerging writers, seperti Norman Erikson Pasaribu (2015) dan Dias Novita Wuri (2014), juga telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Ketentuan dasar

  • Penulis Emerging UWRF adalah penulis muda dalam karya (belum mempublikasikan lebih dari 2 buku) atau muda dalam usia (mak. 35 tahun).
  • Open Call ini hanya terbuka bagi peserta Warga Negara Indonesia. 

Bubbling Banner

Kriteria penyeleksian

  1. Karya berupa cerita pendek (cerpen)
  2. Pelamar mengirimkan tiga cerita pendek terbaik
  3. Karya yang dikirimkan mengandung nilai-nilai lokalitas atau kearifan lokal, serta kebaikan-kebaikan yang ditemukan dalam masyarakat Indonesia
  4. Karya belum pernah dipublikasikan dalam bentuk buku cetak, E-Book, dan belum pernah diterbitkan di sarana daring mana pun
  5. Karya tidak sedang diikutkan dalam seleksi serupa
  6. Karya ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik
  7. Cerpen adalah karya asli, bukan saduran, dan bukan jiplakan

Di balik seleksi karya 

Pamflet karya yang dikirim bersifat anonim, nama penulis tidak boleh dicantumkan, agar penilaian dewan kurator tidak dipengaruhi status sang penulis. Dewan kurator terdiri atas sastrawan dan akademisi sastra. Penulis yang lolos akan dipilih berdasarkan kekuatan karakter, bahasa, dan gaya bercerita yang kreatif. Nama para penulis terpilih akan diumumkan pada 30 April 2024.

Di balik seleksi Penulis Emerging UWRF

Seleksi Penulis Emerging UWRF merupakan gagasan utama dari Yayasan Mudra Swari Saraswati. Program Penulis Emerging UWRF dirancang untuk mewadahi potensi penulis muda Indonesia dan mengenalkan karya atau cerita mereka, serta berkontribusi pada keragaman khasanah sastra Indonesia secara luas.


Baca juga: Readers and Writers Making Waves: Reasons to be Optimistic About Indonesia’s Literacy Culture

Although some global statistics show that Indonesia is still behind in terms of literacy culture, all is not lost. We have in actuality made so much progress in this area and there are many other ways we can still improve this situation and it all depends on creating quality engagement between people through reading.


Benefit yang ditawarkan

Penulis Emerging UWRF 2024 yang terpilih akan mengalami pengalaman luar biasa, di antaranya adalah menghadiri Ubud Writers & Readers Festival 2024, bertemu dengan ratusan penulis nasional dan internasional. Selain itu, mereka akan mendapatkan akomodasi selama festival berlangsung dari 23 hingga 27 Oktober 2024, tiket pesawat pulang-pergi ke Bali, per diem selama festival, mengikuti masterclass penulisan kreatif sebelum UWRF 2024, serta meluncurkan kumpulan antologi dwibahasa bersama penulis emerging Indonesia terpilih lainnya.

Mereka juga akan ikut serta dalam berbagai jamuan makan malam dan acara spesial bersama penulis-penulis ternama dunia, mendapatkan kesempatan istimewa untuk memilih berbagai masterclass, dan akses ke puluhan Program Utama selama UWRF 2024. Selain itu, mereka akan menjadi pembicara bersama penulis undangan UWRF lainnya di berbagai program festival.

 

Tenggat pengumpulan karya: Kamis, 29 Februari 2024, Pukul 23:59 WITA

Untuk keterangan lebih lengkap, cek tautan ini 

Untuk informasi lebih lanjut tentang program dan proses seleksi penulis Emerging Indonesia UWRF 2024, kunjungi situs web UWRF.