BULETIN OPEN CALLS

Open Calls dan loker dari ekosistem seni dan industri media lokal

Perasaan lelah dari tahun lalu jangan dipelihara terus sampai tahun ini: New year, new chances – ACI setia nge-spoon-feed kamu dengan exam peluang baru

Pexels

Pexels

Article Image Title
Editor: Marten S.
04.01.2024

Hidup terkadang terasa seperti lomba – ehh, yang ini beneran lomba: Tepatnya, daftar terbaru dari ACI berisi enam lomba dan peluang untuk berkarya di industri media & penerbitan dan seni di Indonesia. Biar energi kamu tak terkuras dan semangatmu tak terasa pudar, ACI selalu ada di sisimu untuk mendukungmu dalam perjalanan di skena kreatif!

Jangan ragu berteman dengan manusia-manusia baru tahun ini, dan jangan ragu untuk melamar Open Calls berikut ini. Semangat! Bersama-sama kita lebih kuat! 

Hibah bagi jurnalis 

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memanggil pekerja media, pemeriksa fakta dan jurnalis untuk mengajukan proposal liputan. Bersama dengan Google News Initiative, AJI membuka kesempatan ini sebagai format untuk mengantisipasi Pemilu 2024 pada bulan mendatang. Tema liputan adalah ‘Mengungkap di balik disinformasi dan manipulasi informasi Pemilu 2024’. Program ini berupa ‘Fellowship’ dan karya liputan yang dihasilkan penulis terpilih berupa liputan investigasi atau liputan mendalam.

Penerima Fellowship ini juga didukung dengan hibah hingga Rp 30 juta per proyek. Pendaftaran ini terbuka baik untuk pelamar individu maupun kolektif.  

Lini masa:
•⁠  ⁠Tenggat pendaftaran: 15 Januari 2024
•⁠  ⁠Seleksi proposal: 16 hingga 21 Januari 2024
•⁠  ⁠Lokakarya luring: 26 hingga 27 Januari 2024
•⁠  ⁠Pelatihan bersama mentor: 1 Februari hingga 27 April 2024
•⁠  ⁠Publikasi liputan: 15 Mei 2024

Cek keterangan selengkapnya di sini | Tenggat: 15 Januari 2024

Bubbling Banner

Selalu ada sesuatu di ARTJOG: Panggilan untuk seniman pendatang baru!

Seniman mana yang tidak ingin disoroti pameran tahunan ARTJOG? Pagelaran seni rupa itu kembali membuka kesempatan khusus pelaku seni di bawah usia 35 tahun untuk dapat dipamerkan pada edisi Artjog mendatang. Ajukan karyamu sesuai dengan edisi ajang 2024, berjudul ‘Ramalan’. Open Call ini menerima ajuan baik dari seniman individu maupun kolektif. Karyanya diharap berbasis seni visual (seni rupa, seni patung, video, instalasi, dll). Peserta yang lolos seleksi ini mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut dengan kurator festival untuk mengoptimalkan karya. 

Cek keterangan selengkapnya di sini | Tenggat: 17 Februari 2024

Lowongan kerja: Wartawan di Sulawesi Tengah 

Bergabung bersama redaksi media Tutura.id yang berbasis di Palu, Sulawesi Tengah. Tutura.id merupakan media daring yang memberitakan dan menganalisis peristiwa domestik dari sudut pandang lokal. Redaksi Tutura.id mencari tenaga jurnalistik di Sulawesi Tengah dan masih menerima lamaran kalian sampai dengan 12 Januari 2024.


Program Residensi di Jogja: Lintas-disiplin

'Cemeti Institut untuk Seni dan Masyarakat' mengundang seniman Indonesia untuk mengikuti program residensi tiga bulan pada bulan Maret hingga Mei 2024. Program residensi ini memberikan kesempatan kepada seniman untuk konsentrasi dalam berkarya, mengembangkan gagasan dan melakukan eksperimen, merasakan pengalaman sosial, dan berinteraksi dengan seniman lain, kalangan profesional dan komunitas tertentu. Seniman Indonesia yang terpilih akan bekerja bersama dengan seniman dari negara lain dan merasakan nuansa ruang interaksi baru dan penjelajahan medan sosial bersama tim kerja Cemeti. Peminat yang ingin ikut serta diharap memenuhi kriteria Open Call: 

(1) Aktif berkarya sebagai seniman minimal selama 3 tahun, (2) Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, (3) Memiliki perspektif kritis terhadap peran dan posisi sebagai seniman yang bekerja di dalam konteks yang berbeda, (4) Memiliki pendekatan artistik yang terbuka untuk mengembangkan praktik seni

Tenggat pendaftaran: 07 Januari 2024 | Cek selengkapnya di sini

Baca juga: Tampilkan karya filmmu di Balinale 

Bali International Film Festival akan digelar pada Juni 2024. Menjelang edisi ke-17, komite festival membuka kesempatan spesial untuk pelaku film dari Indonesia dan luar negeri. 


Lomba mini buat peminat jurnalisme 

Aksara Institute bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan publik di bidang jurnalisme dan media. Terbuka untuk semua pekerja media dan praktisi komunikasi terlepas dari latar belakang dan umur, wadah Aksara secara rutin menyediakan program-program literasi media untuk publik. Selain itu, mereka juga menghadirkan inisiatif-inisiatif kecil tapi lucu, seperti lomba mini ini (Tenggat 10 Januari 2024).


Baca juga: Tips untuk membedakan Open Call bermutu dari yang sebaiknya diskip saja

Sudah capek menghabiskan waktumu demi berlomba? Sadarilah waktumu berharga, dan tidak semua Open Call bermutu tinggi. Cek kiat-kiat genius ini dari ahli per-open-call-an!


Selalu ada sesuatu di Jogja: Kesempatan khusus perupa muda 

Di luar institusi-institusi dan festival besar dan terkenal, ada pun sejumlah inisiatif independen yang menawarkan kesempatan untuk menunjukkan karya-karya kalian. ‘Achieve Art Space’ dari Jogja sedang memanggil perupa muda untuk mengajukan karyanya pada program ‘Wikara Mandala’. (Tenggat: 15 Januari 2024)