Talking brings people together

Bergabung dengan 'ACI Social Reading Club'

Kami mengajak kamu untuk berjumpa dengan orang-orang baru yang penasaran sama pendapat, kepribadian dan ide-ide kamu!

Article Image Title
Editor: Redaksi ACI
15.06.2024

Baca bareng, bertukar pendapat, dan memuaskan kehausan kamu akan interaksi berkualitas – kami mengundang kamu untuk menjadi bagian dari ‘ACI Social Reading Club’!

Bayangkan kamu bergabung dalam komunitas yang terdiri dari beragam tipe orang, dari sirkel dan kasta berbeda. Tipe-tipe orang, yang cenderung tak akan dipertemukan dalam kehidupan nyata. Kalian bersepakat untuk berjumpa sebulan sekali, dan mengabaikan jagat maya dan masalah sehari-hari untuk sejenak. Secara bersama, kalian membangun sebuah ‘safe-space’, di mana semua peserta bisa mengutarakan isi kepala mereka – meskipun pendapat mereka berbeda-beda.

Kurang lebih inilah suasana hangat yang terbawa dalam banyak klub buku, di mana interaksi antarmanusia menjadi sensasi nan jadul, yang sayangnya kita jarang sekali dapat merasakan dalam kehidupan masa kini. 

Elemen paling utama dari semua klub buku adalah sawala tentang buku-buku. Kami dari ACI ingin membangun forum selaras, namun tanpa buku-buku sastra. Kenapa? Karena dalam klub buku yang ideal, semua peserta semestinya membaca satu buku yang sama dulu.

Fokus kami letak pada bahan bacaan ‘sosial’ yang berhubungan dengan masyarakat, budaya, politik, filosofi dan lain lain. Berdasarkan bahan bacaan yang kami sediakan, semua peserta dari ‘ACI Social Reading Club’ diajak untuk berdiskusi bareng dan bertukar pendapat. 

Questions & Answers

Greg Aci Square

Q: Ini acara apa ya?

Ini adalah undangan terbuka untuk ikut serta dalam proyek baru oleh Art Calls Indonesia. Namanya ‘ACI Social Reading Club’. 

Q: Apaan itu ‘ACI’?

Barangkali kamu baru menemukan platform kami, ACI adalah titik temu untuk semua orang yang tertarik memandang dunia ini melalui lensa budaya dan seni. Melalui beragam publikasi, kami membayangkan berbagai alternatif lebih baik pada status-quo, kami menyantap peluang-peluang berkesenian dari skena seni domestik dan mancanegara, dan kami mempertanyakan fenomena ajaib dan menyesalkan dalam masyarakat kita. 

Q: Kenapa bikin klub baca bareng?

Karena kesempatan untuk berinteraksi secara berkualitas antara satu sama lain menjadi kian langka dalam kehidupan masa kini. Alhasil, anak-anak muda tidak terfasilitasi dengan cukup banyak kesempatan untuk mengkalibrasikan pendapat sendiri seputar banyak hal. Selain itu, kami ingin ACI bisa menjadi tempat untuk menambah kenalan baru, dan berteman dengan orang-orang di luar sirkel kamu sendiri. Dunia kita semakin terpolarisasi, dan meskipun kegiatan mini seperti ini tak akan merubah apa-apa, kami harap, klub ini bisa menjadi zona inspirasi, zona healing dan zona motivasi untuk siapa pun yang tertarik! ‘Talking brings people together!’

Q: Kegiatannya apa saja?

Kita akan memfasilitasi diskusi berdasarkan suatu materi yang akan kita baca bersama terlebih dahulu. Klub ini tidak dituju untuk membedah buku-buku sastra. Melainkan, kami akan mempersiapkan materi bacaan lebih pendek, yakni cerpen-cerpen pendek dan artikel-artikel jurnalistik yang bisa diakses di internet. Bahan bacaan itu akan kami ambil dari berbagai media, misal 'Harian Kompas', 'Bandung Bergerak', 'Sediksi', Majalah 'Basis' dll. Teman-teman juga dipersilakan untuk menyarankan teks yang cocok untuk dijadikan impuls diskusi. 

Q: Siapa saja yang bisa ikut?

Karena proyek ini benar-benar berangkat dari nol, kami akan mulai dengan episode ‘pilot’ dulu. Teman-teman yang berada di Jabodetabek dan bersedia untuk kumpul bareng di daerah Jakpus dan Jaksel di sekitaran rute MRT, dipersilakan untuk ikut serta. Ada pun dua hal yang kami rasa cukup penting untuk memberdayakan klub ini: 

Peserta sebaiknya terbuka untuk membaca tulisan-tulisan dari penulis atau media yang mungkin belum dikenal. Peserta sebaiknya juga tertarik untuk menambah kontak baru, dan merasa cukup nyaman untuk berada di antara orang-orang baru. Selebihnya, kami akan pastikan semua peserta akan terlibat dan merasa nyaman!

Q: Prosedurnya gimana?

Teman-teman yang tertarik untuk ikut serta, dipersilakan untuk mengirimkan surel pada kami. Email kalian sebaiknya menjelaskan dalam gaya kalian sendiri, apa yang membuat kalian tertarik untuk ikut serta, dan contoh artikel atau cerpen apa yang mungkin kalian ingin mendiskusikan bareng. Mohon sertakan biografi singkat tentang diri kalian. Alamat email ACI tercantum di bawah artikel.

Kemudian, kami akan membuat grup WhatsApp untuk semua peminat dan akan menentukan tanggal pertemuan pertama (rencananya pada bulan Juli 2024). 

Q: Ada biaya ga?

Tidak. Bayar pakai senyum saja :) Your smile is our priority! (bukan iklan dokter gigi)

 

Kontak 

Email ACI: artcallsindonesia@gmail.com